Jumat, 27 Juli 2018

Macam-Macam Gangguan Pada Komunikasi Satelit


Dalam sistem komunikasi satelit juga terdapat berbagai macam gangguan yang disebabkan dari banyak hal, misalnya saja berasal dari perangkat itu sendiri ataupun dari luar perangkat. Dan juga bisa saja disebabkan karena factor alam. Berikut beberapa macam gangguan yang sering timbul dalam pengoperasian sistem komunikasi satelit :
  1. Gangguan retransmit, terjadi karena adanya carrier receive yang ditransmisikan kembali terjadi pada tingkat IF.
  2. Interferensi radio FM, interferensi yang dimunculkan oleh stasiun bumi yang terinduksi oleh frekuensi FM (88-108 MHz) dan ikut dipancarkan ke satelit.
  3. Intermodulasi, suatu gejala saling mempengaruhi antara beberapa sinyal pada sistem penguat. Dimana hal ini terjadi apabila penguat bekerja pada daerah non-linear dan perangkat diberi input lebih dari satu sinyal. Makin jauh keluar dari daerah daerah linier makin besar daya sinyal intermodulasi sehingga makin menganggu sinyal dasar.
  4. Sun Outage, kondisi yang terjadi pada saat bumi-satelit-matahari berada dalam satu garis lurus. Satelit yang mengorbit bumi secara geostationer pada garis orbit geosynchronous berada di garis equator atau khatulistiwa secara tetap nam mengalami dua kali sun outage setiap tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar