Jumat, 27 Juli 2018

Modulasi ASK (Amplitudo Shift Keying)


Teori Modulasi ASK (Amplitudo Shift Keying)
ASK (Amplitude Shift Keying) adalah suatu modulasi di mana logika 1 diwakili dengan adanya sinyal dan logika 0 diwakili dengan adanya kondisi tanpa sinyal, seperti pada gambar disamping.
Hasil ASK (Amplitude Shift Keying) diwakili oleh perbedaan amplitudo pada carrier. Dimana satu amplitudo adalah zero, ini menunjukkan kehadiran dan ketidakhadiran pada carrier yang digunakan. Sifat dari ASK antara lain:
Ø Rentan untuk pergantian gain tiba-tiba
Ø Tidak efisien
Ø Sampai dengan 1200bps pada voice grade line
Ø Digunakan pada fiber optic.
Ada beberapa jenis modulasi ASK, diantaranya sebagai berikut:
1. Binary-ASK (BASK)
Sinyal yang katakan termodulasi secara BASK didefenisikan dengan
x(t) A m(t)sin(ct) 0 ≤ ≤ (1)
A adalah konstanta, m(t) adalah sinyal data (sinyal pemodulasi) yangmempunyai nilai 0 atau 1, c adalah frekuensi putar dari sinyal pembawa, dan T adalah lebar dari satu bit.
Sebuah sinyal digital, yang hanya mengandung 0 dan 1, dimodulasikan dengan BASK, maka kita hanya akan mengalikan sinyal pembawa dengan nilai 0 atau 1. Gambar 5.4 memperlihatkan modulasi BASK untuk sebuah sinyal digital yang diberikan 0 1 0 1 0 0 1 0. Seperti terlihat di gambar 5.4, sinyal-sinyal BASK bisa didapat dengan cara menyalakan dan mematikan (on dan off) sinyal pembawa, tergantung apakah sinyal informasi (pemodulasi) bernilai 1 atau 0. BASK disebut juga on-off keying (OOK).
Secara spektral kita bisa menggunakan sifat dari transformasi Fourier, perkalian dengan fungsi sinus, berarti pergeseran bentuk spektral ke  c. Dengan mengandaikan bahwa sinyal m(t) adalah sinyal periodis dengan 0 1 0 1 0 1 0 1.
Gambar 5.5 menunjukkan bentuk spektral dari sinyal termodulasi secara BASK.Jika lebar pita (bandwidth) dari sinyal informasi didefinisikan sampai nol yang pertama, maka
B = 4/T
Disamping BASK yang mempunyai dua nilai diskret, ada jenis modulasi ASK yang lain, yang menggunakan nilai yang lebih dari dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar